Direct Sales vs Brand Awareness


Apabila kita mempunyai Situs berarti usaha kita tersebut sudah bisa dan cocok untuk di pasarkan secara Online. Pertanyaannya dalah usaha model apa yang kita jalankan dan bagaimana kita menjalankan usaha kita tersebut dengan Situs kita. 
Online Marketing terbagi dua: Direct Sales(DS) dan Brand Awareness(BA). Tergantung dengan model bisnis kita , kita bisa memilih mana yang lebih cocok untuk bisnis kita,  nah Mari kita bahas satu-persatu. Yang pertama adalah Direct Sales, DS adalah system pemasaran produk Online yang dimana kita menjual langsung produk kita di situs kita.  Misalnya Situs anda menjual pakaian import dan pengguna bisa langsung membeli pakaian di Situs anda, nah ini berarti namanya DS. Apabila bisnis anda seperti ini maka lebih cocok bagi anda untuk mengikuti program Online Marketing seperti Adwords Search. Karena ini lebih menguntungkan untuk bisnis anda : 1. Pengguna mengetik "beli pakaian import" di Google, 2. Google menampilkan iklan anda yang di link ke Situs anda, 3. Pengguna mengklik iklan anda, 4. Pengguna meliha-lihat produk-produk di Situs anda, 5.Pengguna menaksir salah satu produk anda dan membelinya saat itu juga. jelas kan?
Brand awareness(BA) lebih cocok bagi anda yang  produknya yang tidak di beli langsung di Situs, misalnya restoran. Nah model bisnis seperti ini lebih cocok dengan Display Network, misalnya Google Adwords Display Network, atau yang cukup jitu juga Facebook Ad. 
Saya yakin anda pasti punya Akun Facebook, anda pasti sering melihat iklan-iklan yang di pajang di kolom kiri FB anda, nah itu namanya Facebok Ad.


Anda sering melihat iklan-iklan tersebut namun anda jarang mengklik iklan-iklan tersebut, tapi tanpa disadari anda jadi tahu nama-nama produk tersebut, ini yang dinamakan Brand Awareness. Tujuan utama BA adalah memberitahu Brand anda kepada para pengguna. BA lebih untuk jangka panjang. MODUS nya begini, 1.Pengguna membuka profil FB nya, 2. Pengguna melihat iklan-iklan yang di pajang di kolom sebelah kanan (contohnya iklan/situs restoran), 3. Pengguna tidak mengkliknya namun pengguna jadi tahu nama Restorannya, 4. Di saat lain pengguna sedang jalan-jalan di Mall dan melihat restoran tsb, 5. Berhubung pengguna sudah tahu nama restoran tsb dari FBnya, pengguna jadi penasaran dan akhirnya masuk dan makan di Restoran tsb. 
Sekedar catatan tentu saja model bisnis/situs dengan segala macam situasi apapun cocok-cocok saja dengan apakah DA atau BA, saya hanya menekankan secara logika mana yang lebih cocok.

Inilah perbedaan-perbedaan antara DS dan BA, nah sekarang apabila anda mempunyai sebuah usaha dan situs dan ingin memasarkannya Online, anda bisa pikirkan mana yang lebih baik untuk anda Direct Sales(Adwords Search) atau Brand Awareness(Adwords Display Network, Facebook Ad). Untuk updates berita terkini dan tips dalam Online Marketing sukai Facebook kami disini  (Arie)

No comments:

Post a Comment