Cara menggunakan AdWords Sitelinks


Ada beberapa fitur di AdWords yang cukup cool tapi banyak users nga tahu, pengen banget ngebahas satu persatu tapi sekarang yang pingin gua bahas adalah sitelinks.

AdWords Sitelinks adalah bagian dari fitur Ad extension, nanti gua juga pengen ngebahas Ad extension yang lain, tapi sekarang sitelinks dulu. Apa itu sitelinks? baca terus disini.


Kita pasti sering lihat di iklan-iklan Adwords ada semacam link tambahan di bawah iklan-iklan Adwords tsb, nah itulah sitelinks, seperti image dibawah ini


Lalu apa gunanya sitelinks? well sitelinks itu semacam pintu lain bagi calon konsumen untuk masuk ke website kita, apabila kita melihat sebuah ad mungkin kita nga tertarik dengan judulnya, tapi begitu kita lihat sitelinksnya kita bisa tertarik dan akhirnya men-klik iklannya. Sitelinks adalah metode yang cukup jitu bagi advertisers yang memiliki beberapa selling point di websitenya yang bisa dikedepankan dengan harapan bisa menarik perhatian calon konsumen apabila judul atau text adnya kurang menarik bagi calon konsumen tsb. Misalnya kita jualan sepatu, maka judulnya bisa saja "toko sepatu online" dan text adnya: jual sepatu online murah bla bla bla.... Namun kebetulan kita sedang ada promo diskon di website kita yang tidak bisa disebutkan di text adnya karena spacenya nga cukup, nah disinilah saatnya menggunakan sitelinks, dan coolnya juga sitelinks adalah clickable/bisa di klik dan landing pagenya juga bisa kita arahkan sesuai dengan judul sitelinknya. Misalnya judul sitelinknya "promo" maka destination URL nya bisa kita arahkan langsung ke page promo di website kita, atau sitelinknya "best seller" maka landing pagenya pun bisa kita arahkan ke page best seller di website kita. Ok sekarang ente bertanya caranya ngeset sitelink gimana? 

  1. Klik ad extension di Tab campaign lalu...
  2. Klik Sitelinks extension dan...create new extension dan akan menghasilkan popup window

 Akan tersedia beberapa link, untuk kolom kiri kita bebas memberikan judul, misalnya "Promo" atau "Hot Products", lalu di kolom kanan kita isi destination URLnya.

Catatan Sitelinks akan ditampilkan Google secara random, jadi memang Sitelinks tidak akan selalu tampil beserta iklan kita, jadi kalau kita memang ada sebuah konten di website yang super wajib di kedepankan maka jangan mengandalkan sitelinks tetapi gunakan judul atau text ad sebagai pintu utamanya.

Ok demikian tutorial mengenai AdWords Sitelinks, besok-besok saya mau bahas Ad extension yang lain seperti location extension, call extension dll. Jangan lupa untuk nge-like Facebook page kami untuk mendapatkan tips dan berita terakhir di seputar online marketing dan Google AdWords.

No comments:

Post a Comment