Cara mengetahui Website telah menggunakan Teknik SEO yang baik

Saya sudah membahas banyak tentang SEO di Blog-blog saya yang terdahulu dari mulai teknik sampai cara penggunaaannya. Anda mungkin sekarang bertanya manakala anda sedang browsing sebuah website, apakah ada cara untuk mengetahui apakah atau tidak website tersebut sudah menggunakan teknik SEO yang baik. Jawabannya adalah ada, sangat ada, dan tidak terlalu sulit untuk mengetahui sebuah website telah menggunakan teknik SEO yang baik. Pada prinsipnya website2 populer seperti kompas.com, vivanews.com sudah hampir bisa dipastikan telah menggunakan teknik SEO yang baik, namun bagaimana dengan website2 yang tidak terlalu populer? inilah yang mungkin anda ingin tahu apakah website2 tsb telah menggunakan teknik SEO yang baik.

Dalam Kamus saya ada 3 cara untuk mengetahui apakah sebuah website telah menggunakan teknik SEO yang baik: Cara Elementary, Cara Intermediate dan Cara Advance, sekarang mari kita bahas satu per satu.

  1. Cara Elementary. Ini adalah cara yang paling mudah, anda silahkan buka google.co.id atau google.com dan ketik kata kunci berdasarkan nama produk atau nama perusahaan yang anda ingin tahu, dan apabila anda di berikan hasil yang cukup banyak oleh Google di halaman pertama, dan hasil2 tsb dapat di link langsung ke domain website perusahaan tsb maka kita bisa beranggapan website tsb telah menggunakan teknik SEO yang baik. Contohnya perusahaan kami, coba anda ketik di google.co.id dengan kata kunci "gusti search", anda akan mendapatkan beberapa hasil tentang gusti search di link langsung ke domain website kami, atau ketik "jasa adwords" dan anda akan menemukan website kami di halaman pertama atau dua,  ini berarti kami telah menggunakan teknik SEO yang baik.
  2. Cara Intermediate. Cara ini dibutuhkan sedikit pengetahuan namun tidak terlalu sulit. anda bisa mendownload toolbar SEO seperti seomoz.org, Toolbar ini akan diintegrasi ke browser anda, dari sini setiap anda mengunjungi website anda akan mendapatkan informasi2 statistik tentang website tsb, seperti persentasi banyaknya pengunjung, crawling error dll. Atau yang paling mudah adalah kunjungi alexa.com anda bisa mendownload toolbar disini atau anda bisa langsung memasukan nama website yang anda ingin tahu di kotak pencarinya, apabila setidaknya anda mendapatkan hasil seperti ranking website tsb secara global dan ranking di negara mana website tsb paling populer, maka website tsb bisa dianggap telah menggunakan teknik SEO yang baik, namun apabila anda mendapatkan "no data" dalam ranking global maupun negara, maka website tsb belum menggunakan teknik SEO yang  baik. Contohnya lagi2 website kami sites.gustisearch.com, apabila anda memasukan alamat website kami tsb ke alexa.com maka anda akan mendapatkan hasil global dan hasil negara(dalam konteks ini Indonesia). Pada saat blog ini di tulis sites.gustisearch.com mempunyai ranking 1.1 juta untuk global dan ranking 7800 untuk teritori Indonesia, tidak jelek kalau dilihat bahwa di dunia ada sekita 200 juta website.
  3. Cara Advance. Untuk cara ini anda harus mengerti bahasa HTML atau setidaknya bisa mengintepretasikan anatomi HTML. Manakala sedang browsing sebuah website kilk kanan dan klik "view page source" , dalam browser window yang baru anda akan diperlihatkan anatomi HTML website tsb, dari sini anda bisa melihat bagaimana struktur anatomi HTML website tsb dari mulai title, meta tag, meta deskripsi sampai meta keywords(walaupun meta keyword sudah tidak di index oleh search engine namun apabila meta keywordnya relevan maka anda bisa beranggapan bahwa developer website tsb "niat" dalam menjalankan SEOnya). Anda bisa melihat apakah semua meta ini itunya relevan dengan website/perusahaan/produknya, dan juga apakah semua meta nya sudah tersusun secara rapih. Juga bisa dilihat di dalam <head> atau diantara <body> dengan </body> terdapat beberapa kode HTML untuk Google webmaster tool, Google analytics atau Adwords conversion tracking, apabila anda menemukan kode2 HTML untuk program yang saya sebutkan tadi, maka bisa dipastikan webiste tsb telah atau setidaknya sudah mencoba untuk menggukana teknik SEO yang baik.
Terima kasih dan semoga blog ini bermanfaat

13 comments:

  1. thank untuk infonya gan,,semoga tambah sukses mmampir juga ya..he..he!


    http://indonesiatourjava.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. terimakasih infonya, good luck !
    http://bit.ly/1bTth9E

    ReplyDelete
  3. terimakasih infonya, good luck !
    http://bit.ly/1bTth9E

    ReplyDelete
  4. terimakasih infonya agan :)
    http://goo.gl/21T1Mx

    ReplyDelete
  5. Haturnuhun, aa, teteh, informasinya :)
    http://goo.gl/1NWvpq

    ReplyDelete
  6. terima kasih gan..info sangat bermanfaat
    http://goo.gl/DBikpW

    ReplyDelete
  7. mampirya ke http://www.HJKarpet.com kami bisa membuat karpet sesuai dengan desain motif warna dan ukuran yang diinginkan

    ReplyDelete
  8. terima kasih analisnya, ada info bermanfaat di http://firdausche.com

    ReplyDelete
  9. nanti saya aplikasikan ke website saya

    www.pendakigunung.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. atau bisa juga ke www.filmgunung.com pusatnya film petualangan alam bebas

      Delete
  10. article yang bermanfaat sekali
    http://milyarder-zone.blogspot.com/

    PLR affiliasi..
    http://milyarderzone.wordpress.com/

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. dari informasi yang saya searching di google dll dan artikel seo ini , saya menyimpulkan yang terpenting itu adalah Artikel nya, apabila artikel nya ringkas, mudah dipahami dan berisi rincian yang jelas yang dicari pengunjung sesuai dengan judul artikelnya, saya rasa itu akan menambah kualitas blog di google,saya juga sedang belajar algoritma google,terima kasih infonya..

    Numpang info juga ya,

    Bisa diikuti Kontes SEO terbaru dengan Total hadiah 40 juta dari, bagi rekan-rekan Master SEO yang memiliki website atau blog pribadi silahkan berpartisipasti ya.. tunjukkan kebolehan kita masing-masing di kontes seo ini ya.

    Untuk Informasi Kontes seo silahkan KUNJUNGI : Kontes seo terbaru

    ReplyDelete