Iklan di Yahoo!

Ok saya minta maaf karena sudah cukup lama nga update Blog saya karena kesibukan di Gusti Search, Bisnis saya yang lain, Bulan puasa, Lebaran bla bla bla. 
Sejauh ini saya sudah ngomongin banyak tentang Online Marketing di Google Adwords, Facebook, SEO dll, tapi sebenarnya ada satu media lagi yang sudah sangat dikenal orang bahkan pengguna service Emailnya masih tetap nomor 1 di dunia, dan menurut alexa.com mendapatkan ranking nomor 4 sebagai  website yang paling banyak pengunjungnya di dunia setelah Google, Facebook dan Youtube. Alright folks we're talking about yahoo.com here. 
Yahoo adalah salah satu web 2.0 portal bersama msn dan excite yang mendobrak internet di tahun 90'an. Yahoo didirikan padda tahun 1995 oleh David Filo dan Jerry Yang di Sunnyvale CA. Dengan saingannya MSN.com, Yahoo search merajai dunia Internet di akhir 90'an sebelum langkahnya di skak mati oleh Google di awal 2000. Walaupun demikian Yahoo tetap memiliki Firepower yang cukup besar.
Tidak seperti Google yang mengandalkan search sebagai produk utamanya, Yahoo memiliki berbagai macam pelayanan yang semuanya disajikan dalam satu website. Yahoo dan Google jotos-jotosan di awal tahun 2000 untuk memenangkan juara 1 search engine, namun Google yang memang mempunyai system algorithm dan teknik relevansi yang jauh lebih baik akhirnya lebih banyak dipakai oleh users. Namun demikian Yahoo tetaplah memiliki banyak fans dan banyak fans Yahoo yang masih idealis, walaupun mereka tahu search results dari yahoo tidak sebaik Google namun mereka tetap menggunakan Yahoo.

Pada saat ini Google mengontrol sekitar 65% search market sementara sisanya terbagi antara yahoo dan bing. Ini berarti masih banyak juga users yang menggunakan Yahoo. Karena itu Yahoo bukanlah tempat yang salah untuk beriklan. 
Pada prinsipnya dan berdasarkan fakta beriklan di Yahoo memang tidak seefektif beriklan di Google Adwords, namun bukan berarti salah beriklan di yahoo. Salah satu keunggulan beriklan di yahoo adalah systemnya yang lebih simple dan tidak terlalu banyak aturan main seperti Adwords. Harga klik di yahoo pun cenderung stabil tidak naik turun seperti di Adwords. Ini dikarenakan kompetisi yang sangat rendah untuk beriklan di yahoo. keywords yang kita bid pun sebagian besar waktu di approve oleh yahoo dengan mudah. Memang hampir tidak ada tantangan. Karena itu saya menyarankan kepada mereka yang masih jiper dengan Adwords karena aturan maennya yang seabrek2, untuk mencoba yahoo terlebih dahulu, setidaknya sampai mendapatkan Feel dalam menjalankan Search advertising. Hasil dalam ROI nya pun cukup lumayan walaupun tidak secanggih Google, bisa dibilang beriklan dengan yahoo adalah pemanasan sebelum beriklan dengan Adwords. Yahoo tidak terlalu bawel dalam relevansi, tidak seperti Google yang apabila iklan dan keywords kita tidak relevan maka harga kliknya pun jadi mahal. Tidak hanya di Yahoo Search, iklan anda pun bisa ditampilkan di produk-produk Yahoo yang lain seperti Yahoo mail.

1 comment:

  1. Terimakasih informasinya ka :)
    http://bit.do/3uud

    ReplyDelete