Google Insight for Search

Terkadang kita ingin tahu trend dari sebuah produk, artis, band, bintang film, model sampai tokoh politik. Kita kadang sering berdiskusi bahkan berdebat dengan teman tentang siapa yang lebih populer SBY atau Opera van java, Toyota atau Honda, Sony atau Samsung, Slank atau Agnes monica. Kita ingin tahu siapa yang paling sering di-search di Google antara tokoh dan produk diatas, sebagian besar orang hanya bisa menebak-nebak, namun semuanya sebenarnya bisa dilihat secacar statistik yang cukup akurat, dan ada sebuah tool yang bisa meng-empower kita untuk melakukan analisa tersebut, tool itu adalah Google insight for search.


Google insight for search ( untuk seterusnya akan saya singkat GIS) adalah tool untuk mengetahui trend sebuah produk atau term atau apa saja di Internet berdasarkan kata kunci. Tool ini sangat bermanfaat terurama bagi anda-anda yang ingin memulai bisnis online namun masih binggung dengan produk apa yang ingin dijual. GIS juga tergolong simple bahkan bagi orang-orang yang rada gaptek sekalipun.

Untuk memulai tidak ada software yang perlu di download, anda bisa mulai dengan mengunjungi link ini.
Disini anda bisa langsung mulai search anda, pertama-tama pilih negara mana yang anda ingin lihat di kolom sebelah kanan, setelah itu pilih jenjang waktu trendnya, misalnya 30 hari terakhir, 90 hari terakhir atau setahun terakhir, setelah itu anda ketik di kolom tengah produk-produk yang anda ingin lihat trendnya, misalnya paling atas ketik toyota avanza, lalu klik dibawahnya  "add search term" untuk mendapatkan kotak pencarian baru, lalu ketik produk ke dua, ke tiga dan seterusnya, setelah itu klik search.

Dari sini anda akan melihat hasil yang diberikan Google, dibagian bawah anda juga bisa memodifikasi dengan regional interest dan kata-kata kunci yang berhubungan dengan terms yang anda pilih.

Simple bukan? selamat mencoba

1 comment: