Langkah menyelesaikan AdWords yang di-suspend

Sekarang saya ingin ngebahas sesuatu yang sering ditanyakan orang ke saya: kenapa kampanye AdWords saya di-suspend?, ini adalah salah satu pertanyaan yang sering banget saya dapatkan, walaupu sebenarnya penyelesaiannya cukup self explanatory tapi ok saya nga banyak cingcau langsung kita bahas.

Banyak dari pengiklan nga tau bahwa AdWords adalah salah satu media iklan yang paling banyak peraturannya, ada baiknnya sebelum beriklan di AdWords untuk mencek dulu kebijakan Google AdWords sebelum meluncurkan iklan pertamanya.

Lalu sering juga terjadi iklan sudah di-approved namun ditengah jalan di-suspend juga, nah kalau udah kayak gini kitanya yang repot, apalagi kalau pakai system pembayaran manual dan sudah bayar ke Google pula, karena me-request refund  bukanlah hal yang menyenangkan. Ok dibawah adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan pada saat Akun/kampanye/iklan kita kena suspend:

  1. Langkah pertama adalah menginvestigasi di halaman AdWords mengapa kampanye/iklan di suspend dengan meng-klik ke bubble speech pas di samping kiri kata yang menyatakan alasan suspensionnya, disini akan muncul lagi pop up bubble speech  yang isinya alasan singkat suspensionnya.
  2. Apabila kurang memuaskan maka buru-buru cek email, karena setiap kali Google men-suspend sebuah akun, kampanye dll Google pasti akan mengirimkan email untuk menjelaskan alasan-alasannya, dan alasan yang diberikan di email lebih detil dan lebih jelas sehingga kita bisa tahu langkah-langkah yang harus dilakukan.
  3. Apabila masih kurang jelas maka kita bisa men-kontak AdWords support dengan mengklik "contact us" di kolom kiri lalu klik "chat now or send us an email". Dari sini ikuti semua instruksinya dan mengisi form yang disediakan, setelah mengisi form jawaban dari Team support Google biasanya dalam 3 hari.
Apabila sudah masuk langkah ke-3 konten email yang diberikan Google biasanya tergolong sangat detil, Google customer service akan membeberkan alasan demi alasan mengapa Kampanye Adwordsnya di-suspend, dan apabila sekiranya masih bisa di-fix Google akan memberitahu caranya me-fixnya, namun apabila website tsb sudah melakukan pelanggaran berat atau memang produknya tidak bisa diiklankan dengan Adwords, contoh: Produk alkohol, obat2an atau "cara cepat kaya" dll, maka berarti website tsb tidak bisa lagi beriklan dengan Adwords, Juga harap hati-hati apabila melakukan pelanggaran berturut-turut maka siap-siap akun dan websitenya akan di-suspend seumur hidup.
Demikian, apabila anda memerlukan bantuan untuk kampanye AdWords anda jangan sungkan-sungkan untuk menghubungi kami. (Arie)

4 comments:

  1. Salam kenal ,...saya salah satu orang yg account adwordsnya kena suspend. Kalau dari email dinyatakan saya melanggar aturan financial service. Bisnis saya memang di bidang asuransi. Dari email juga saya ikuti semua yg diminta. Seperti legal notice, affiliated, physical address . Tapi sampai sekarang belum pulih juga suspendnya. Kira kira bisa kasi masukan biar cepat pulih kembali. Bila berkenan bisa diemail saya agusallianz@gmail.com

    ReplyDelete
  2. Lakukan langkah nomor.3 kontak AdWords support

    ReplyDelete
  3. Share saja boeh ga?Sampai skrg pun sy masih ter suspend. Sy jg sdh di hubungi oleh adword dan menceritakan keluhan saya. Anehnya dlm periode desember dan januari tagihan saya melonjak 2 kali lipat dan januati itu juga lgsg di suspend. Apa yg ngalami hal yg sama?

    ReplyDelete