Pemasaran Online

Walaupun semakin populer masih banyak orang terutama di negara berkembang seperti Indonesia yang masih belum paham tentang Pemasaran secara Online atau biasa disebut Online Marketing atau Internet Marketing. Pada prinsipnya Online Marketing terbagi tiga segmen, yang pertama adalah Social Media Marketing, kedua SEO (Search Engine Optimization) dan yang terakhir Online Advertising, sekarang mari kita bahas satu persatu.

1. Social Media Marketing (SMM) adalah teknik memsarkan produk atau pelayanan dengan menggunakan media-media sosial seperti Facebook, Twitter, Blogger,linkedin dan media sosial lainnya. Degan menggunakan media seperti Facebook like(suka), kita dapat menggalang orang sebanyak-banyaknya. Goal dari SMM adalah mendapatkan LEADS sebanyak-banyaknya sehingga manakala kita mempunyai produk baru atau sebuah event kita dapat memberitahukan kepada orang-orang tsb. Salah satu contoh apabila kita punya Facebook like untuk usaha kita dan kita mempunyai anggota misalnya 1000 orang, maka hanya dengan membuat status di wall kita yang dimana di status tsb kita link lagi ke website kita, maka orang akan masuk ke situs kita tsb. dengan demikian trafik ke situs kita akan semakin banyak, dan semakin banyaknya trafik di situs kita akan membantu SEO kita. Untuk menjalani SMM tidak terlalu diperlukan teknikal komputer skill yang tinggi seperti Programming, namun skill yang dibutuhkan adalah Social Skill. Kita harus mengerti benar audience kita seperti apa, dan bagaimana mereka bereaksi sehingga kita bisa menyampaikan pesan-pesan yang tepat dengan waktu yang tepat. Bagi perusahaan yang ingin menggunakan SMM dalam online marketing mereka sangat disarankan untuk meng hire orang yang mempunya social skill yang tinggi, bergaul dan punya banyak teman dan relasi. Dan walaupun tidak dibutuhkan programming skill namun tetap diperlukan pengetahuan luas tentang komputer dan internet.   

2.Search Engine Optimization (SEO) . Apabila yang diperlukan dalam menjalakan SMM adalah social skill, maka yang diperlukan dalam SEO adalah programming skill seperti HTML, Javascript dsb. Pada dasarnya semua orang ingin situsnya tampil di halaman utama Google dengan keywords yang sesuai dengan industrinya. Namun ini walaupun secara theory cukup mudah namun prakteknya cukup panjang dan rumit. Kenapa Theorynya mudah? karena theory nya sebenarnya hanya bahwa situs tersebut memiliki trafik yang tinggi. Trafik situs yang tinggi bisa didapatkan dengan berbagai macam cara dari mulai marketing darat (koran, majalah, TV dll), SMM dan online advertising. Namun alangkah indahnya apabila situs kita bisa tampil di halaman pertama Google secara organik tanpa harus buang duit beriklan sana sini. Nah disinilah dibutuhkannya SEO. Prinsip teknik SEO adalah mengubah Meta Tag dan Meta deskripsi suatu situs sesuai dengan dinamisnya dan fluktuasi dunia online. Misalnya apabila kita mempunyai bisnis toko online DVD, kita lihat keyword-keyword macam apa yang sedang trend di Google, dan dari situ kita bisa menyesuaikan ke Meta Tag dan Meta Deskripsi kita. Kita harus mempunyai akses ke hosting atau domain situs kita sehingga kita dapat melakukan perubahan di HTML situs kita tsb, dan inilah kenapa tadi saya bilang diperlukan pengetahuan tentang programming. Selain itu kita juga harus mendaftarkan situs kita ke search engine, misalnya untuk Google diperlukan program Google Webmaster Tools dan untuk Yahoo adalah Yahoo Site Explorer. Program-program ini sangat membantu search engine-search engine tsb untuk men "crawl" situs kita, sehingga mereka bisa menyesuaikan dan menampilkan situs kita sesuai dengan trend dan permintaan pasar. 
Namun demikian jangan harap mentang-mentang kita sudah menjalankan teknik-teknik diatas lalu situs situs kita langsung tampil di 10 halaman pertama. Dibutuhkan waktu yang lama bulanan bahkan tahunan agar situs kita bisa tampil prima di Google atau Yahoo. Namun jangan berkecil hati karena ini semua adalah bagian dari investasi masa depan. Dari semua teknik online marketing, SEO adalah yang paling murah namun dibutuhkan perjuangan yang tinggi dan lama.

3. Online Advertising. Kalau teknik-teknik diatas yang dibutuhkan adalah SDM maka untuk OA yang dibuthkan adalah biaya dan budget, namun demikian dibutuhkan pengetahuan tentang dunia online secara general. Banyak praktek yang bisa dijalankan dalam OA, misalnya memasang Banner kita di situs-situs populer seperti kompas.com atau vivanews.com dengan harga yang mereka tentukan, atau juga Facebook Ad, Yahoo Ad, Microsoft Adcenter dan Google adwords. Baru-baru ini Microsoft bergabung dengan Yahoo dalam program Microsoft Adcenter, sehingga apabila kita beriklan dengan Microsoft Adcenter maka iklan kita akan tampil di Bing dan Yahoo. Namun seperti kita tahu program OA yang paling diminati orang adalah Google Adwords. Google adalah media Online terbesar di dunia, Puluhan bahkan ratusan juta orang seharinya menggunakan Google untuk mencari informasi dan produk. Adwords adalah penghasilan utama Google, karena itu Google sangat serius dalam menjalankan produk Adwordsnya. Namun demikian Google tetap stick dengan filosofi mereka yaitu "Don't be evil (jangan menjadi jahat)". Dengan kata lain orang curang dalam beriklan, misalnya situs yang sangat tidak relevan dengan keywords yang dipilihnya, atau situs yang berisi program penipuan seperti "cara cepat kaya" dsb. Karena itu Google menerapkan banyak peraturan di dalam Adwords, dan seringkali mengekibatkan banyak korban, termasuk orang yang beriklan secara jujur, karena itulah dibutuhkan pengetahuan yang dalam apabila ingin beriklan dengan Google Adwords.

 Nah sekarang apabila anda memiliki usaha dan situs dan ingin memasarkan produk atau jasa anda secara online, anda bisa renungkan sesuai dengan situasi anda, program mana dari semua diatas yang paling cocok untuk anda. Pada dasarnya hampir semua tipe usaha dapat mengoptimalkan bisnisnya dengan SEO, karena siapa sih yang tidak ingin tampil di Google Organik halaman utama? Untuk tipe bisnis seperti organisasi, entertainment dan usaha-usaha non profit bisa mengandalkan SMM untuk mengggalakan audience dan fans. Pengusaha yang menjual produk dan jasa secara langsung seperti toko online dapat mengandalkan Online Advertising. Namun sebenarnya tipe bisnis seperti apapun dapat mengandalkan tiga-tiganya, Yang terpenting adalah experimen, experimen adalah hal terpenting dalam Online Marketing, karena situasi internet dan sikap para pengguna selalu berubah dari waktu ke waktu.
Pada akhirnya Online Marketing sudah semakin merajalela dan sudah waktunya bagi para pengusaha untuk memasarkan atau setidaknya mulai memikirkan untuk memasarkan produknya secara dengan online. (Arie)

3 comments:

  1. terimakasih infonya bermanfaat

    http://milyarder-zone.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. Yes i am totally agreed with this article and i just want say that this article is very nice and very informative article.I will make sure to be reading your blog more. You made a good point but I can't help but wonder, what about the other side? !!!!!!THANKS!!!!!! seo expert

    ReplyDelete